Lihat juga : 3 Motor Jadul Di Indonesia Dengan Harga Jual Tinggi
Sejarah Motor Honda GL Series Di Indonesia
Honda GL mulai dijual oleh Honda di Indonesia sekitar tahun 70an den kapasitas 100cc dan 125cc khusus untuk pasar asia. Nama GL sendiri adalah singkatan dari Gin Linamoto, yaitu kakek moyang dari Soichiro Honda. Siapa itu Soichiro Honda? Yup Dialah sang pendiri Honda di Jepang sono . GL adalah seorang samurai hebat. Honda memberikan penghormatan kepada moyangnya den memakai inisial moyangnya di motor besar flagship Honda : Gold Wing (GL1000, GL1200, GL1500, dst).
Namun motor GL dengan cc besar tersebut tidak masuk ke pasar Indonesia , karena kemahalan. Mungkin ada sih beberapa unit moge GL tersebut yang masuk ke Indonesia, tapi milik orang-orang kaya banyak duit. Kembali ke varian GL cc kecil di Indonesia adalah penerus dari generasi CB series.
1. Honda GL. Setelah sukses dengan varian CB series, Honda di Indonesia mengeluarkan varian GL pertamanya yaitu GL 100 dengan basis mesin mirip seperti CB 100, tetapi ketika mesin dinyalakan akan terasa bedanya, suara lebih halus, dan power lebih besar meskipun mesinnya mirip.
Dalam kurun waktu penjualan dari tahun 1979 hingga 1994an lupa tepatnya tahun berapa GL 100 terakhir dijual Honda ada beberapa perubahan yang dilakukan seiring dengan perkembangan jaman.
Perbedaan Honda GL tahun 1979 sampai dengan 1981 adalah :
- Lampu Utama berbentuk bulat
- Speedometer berbentuk bulat
- Lampu belakang mirip dengan Honda CB
- Lampu sein belakang letaknya menempel di behel belakang
- Bentuk kaca spion masih bulat
- Pengapian Platina
- Rem cakram depan masih memakai sistem mekanis dengan menggunakan kabel
Sedangkan di tahun 1982 dikeluarkan facelift Honda GL ini. Berikut perubahan fitur motor diberikan :
- Lampu utama berbentuk kotak
- Speedometer berbentuk kotak
- Spion kotak
- Bentuk dudukan lampu belakang yang menyatu dengan lampu sein
- Lampu sein berbentuk kotak
- Sistem pengapian memakai CDI (1985)
2. Honda GL 125. Selain GL 100, Honda juga menjual sepaket dengan versi 125cc nya, yaitu GL 125. Mesin yang dipakai sih mirip CB 125 single dan tampilan antara GL 100 dan 125 seperti gak ada bedanya. Sayangnya GL 125 dihentikan penjualannya pada tahun 1985 sedangkan GL 100 masih lanjut hingga 1994. Mungkin karena kurang laris.
Meskipun tergolong uzur namun saat ini peminat dari motor 100 dan 125cc ini masih banyak. Durabilitas dan ketahanan mesinnya memang sudah tidak diragukan lagi. Kebanyakan yang beredar dimodifikasi menggunakan body Honda CB dan menggunakan komponen mesin dari Honda Tiger yang kapasitas mesinnya jauh diatasnya.
Spesifikasi honda GL 100 dan GL 125 adalah sebagai berikut :
- Mesin : 1 silinder OHC pendingin udara
- Bore X Stroke : 52 x 49,5 mm (GL100), dan 56,5 x 49,5 mm (GL125)
- Sistem Bahan Bakar : Karburator
- Transmisi : Manual
- 5 Speed
- Wheelbase : 1200 mm
- Panjang : 1900 mm
- Lebar : 735 mm
- Tinggi : 1017 mm
Honda GL100 dan GL125 ini terkenal kuat karena materialnya daripada penerusnya GL-Max, GL-Pro, hingga Tiger GL200 sekalipun. Karena tangkinya tidak mudah bocor , meskipun ada bocor tapi lebih awet daripada tangki GL-max/Pro, Megapro, Tiger yang tipis.
3. Honda GL-Max 125. GL-Max pertama kali diperkenalkan di Indonesia tahun 1983 dan terakhir dijual tahun 2005 . Berarti panjang umur juga ya, dengan desain yang lebih kekar daripada GL100/125 GL-Max ini memiliki power yang lebih oke daripada pendahulunya. Motor ini memiliki beberapa perubahan seiring berjalannya waktu, tapi sayangnya desainnya gak berubah dari pertama kali dijual, hanya mesinnya saja yang berubah.
Diawali kemunculannya dengan GL Max Platina yang memiliki sistem pengapian platina kemudian dilanjutkan dengan generasi berikutnya, GL Max CDI White engine tahun 1985, lalu GL-Max Black Engine yang muncul atau GL Max Mesin Hitam yang diproduksi tahun 1987 sampai dengan tahun 1994 dan dilanjutkan oleh generasi terbaru, GL Max Neotech, di tahun 1995 sampai tahun 2005 yang menjadi tahun produksi terakhir Honda GL Max.
Berikut jenis GL - Max Series :
1. GL-Max Platina
2. GL-Max Black enjin
3. GL-Max Neotech
Spesifikasi notor hondal GL Max Series pernah beredar di Indonesia :
- Engine OHC, 4 Tak
- Kapasitas Engine 124,1 cc
- Bore x Stroke 56,5 x 49,5 mm
- Rasio Kompresi 9,2 : 1
- Sistem Pendingin Udara
- Sistem Pengapian CDI-DC, Battery
- Baterry 12 V – 4 Ah
- Busi ND X 24 EP-U9 / NGK DP8EA-9
- Transmisi 5-Speed ( 1-N-2-3-4-5)
- Kopling Manual, Wet & double clutch
- Starter Kick
Honda GL-Pro pertama kali dijual di Indonesia tahun 1982 atau 1983 dangan sampai sekarang tetap dijual, tapi dengan nama Megapro. Itulah penjelasan singkat tentang honda gl series yang pernah beredar dan laris manis di Indonesia. Semoga artikel bisa bermanfaat dan menambah wawasan anda sekalian. terimakasih atas kunjunnya dan jan lupa share ya. Sumber http://m.kaskus.co.id/thread/568a1bf3e052272d4b8b4567/sejarah-honda-gl-series-yang-pernah-ada-di-indonesia.